Syam, Intan Nazri (2017) PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIANKEC.DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311040_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1133311040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM. 1133311040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1133311040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1133311040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 1133311040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 1133311040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 1133311040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 1133311040_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 1133311040_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1133311040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
penerapan PAIKEM pada materi gaya magnet di kelas V SDN 101801 Kedai Durian
Kec. Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) dengan tindakan menggunakan penerapan PAIKEM. Subjek dalam
penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun
Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa
Laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus,
dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali
pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan/pengumpulan, dan refleski. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu tes dan lembar observasi.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan Pre Test untuk mengetahui letak
kesulitan pada materi gaya magnet . Hasil penelitian dengan jumlah siswa 32 orang
pada saat pre test diperoleh hasil belajar sebesar 9 orang siswa yang tuntas belajar
dengan presentase 28,13% dan yang tidak tuntas 23 orang dengan presentase 71,88%,
perolehan rata-rata kelas yaitu 59,94. Pada siklus I dengan penerapan PAIKEM
perolehan hasil belajar meningkat menjadi 17 siswa dengan presentase 53,15% dan
yang tidak tuntas 15 siswa dengan presentase 46,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu
69,21. Dari hasil siklus I peneliti menindak lanjuti pada siklus II secara signifikan
hasil belajar meningkat menjadi 27 orang dengan presentase 84,38% dan yang tidak
tuntas 5 siswa dengan presentase 15,63%, perolehan rata-rata kelas yaitu 80,15.
Sedangkan hasil yang di peroleh guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya.
Pada pertemuan I perolehan observasi guru sebesar 65% dengan kategori cukup dan
pada pertemuan II perolehan observasi guru meningkat sebesar 75% dengan kategori
baik sedangkan pada siklus II pertemuan I perolahan observasi guru meningkat
menjadi 90% dengan kategori baik dan pada pertemuan ke II perolehan observasi
guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun
Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah dan guru mata
pelajaran IPA untuk penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA karena dapat
meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 127 |
Keywords: | Hasil Belajar, IPA Paikem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:27 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24436 |