Barus, Ella Mona Yolanda (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311057_COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 1133311057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3. NIM. 1133311057_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1133311057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 1133311057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 1133311057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 1133311057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 1133311057_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 1133311057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10. NIM. 1133311057_BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM. 1133311057_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
15. NIM. 1133311057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa
di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur pada mata pelajaran IPA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model
pembelajaran Bertukar Pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pelajaran IPA materi pokok energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204
Sambirejo Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bertukar
Pasangan pada mata pelajaran IPA materi pokok energi alternative.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh
siswa kelas IV-B SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur sebanyak 29 orang
siswa yang terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 21 orang siswa laki- laki.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik
analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan
menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus.
Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa
dengan persentase 56,13% dan secara klasikal hanya 34% siswa yang termotivasi,
Pada pasca siklus II hasil angket siswa meningkat dengan persentase 87,10% dan
secara klasikal mencapai 100% siswa yang termotivasi. Untuk hasil observasi
pada siklus I diperoleh 48,17% dan secara klasikal mencapai 17%. Pada
pertemuan II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 69,75% dan secara
klasikal mencapai 72%. Pada siklus II pertemuan I, siswa yang termotivasi
mencapai 75,96% dan secara klasikal mencapai 89%. Pada pertemuan II, siswa
yang termotivasi mencapai 87,79% dan secara klasikal mencapai 100%. Untuk
cara mengajar peneliti pada siklus I pertemuan I mendapatkan nilai 66,6 dengan
kriteria cukup baik, pada pertemuan II mendapatkan nilai 71,66 dengan kriteria
baik, pada siklus II pertemuan I mendapatkan nilai 73,33 dengan kriteria baik dan
pada pertemuan II mendapatkan nilai 88,33 dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok
energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur Tahun
Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 135 |
Keywords: | Motivasi, Model Pembelajaran, IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:12 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24431 |