PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017

Wahyuni, Zuhro (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1131111053_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1131111053_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1131111053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1131111053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1131111053_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1131111053_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1131111053_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1131111053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1131111053_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1131111053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1131111053_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1131111053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1131111053_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1131111053_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1131111053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1131111053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1131111053_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1131111053_BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1131111053_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1131111053_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1131111053_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1131111053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok
gaya magnet dengan menerapkan model pembelajaran pair checks.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 101766 Bandar Setia di kelas V pada semester genap tahun
ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28. Terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah
dengan menggunakan soal tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar
observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini
terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-test dari 28 siswa
diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 4 siswa (14,29) dengan rata-rata nilai 46,60
dan sebanyak 24 siswa (85,71%) belum tuntas. Pada Siklus I sebanyak 15 siswa
(53,57%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 68,21, dan sebanyak 13 siwa
(46,43%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
klasikal sebanyak 26 siswa (92,86%) dengan rata-rata nilai 83,57 dan sebanyak 2
siswa (7,14%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami
peningkatan, saat siklus I hanya 71,87 (baik) dan mengalami peningkatan pada
silkus II dengan nilai 96,87(sangat baik). demikian juga hasil observasi siswa
pada saat siklus I hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 69,07 dan meningkat
setelah diadakan siklus II menjadi 83.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 1017766 Bandar
Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 125
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, IPA, Gaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2017 07:53
Last Modified: 02 May 2017 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24424

Actions (login required)

View Item
View Item