Syahfitri, Widiya (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111048_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1131111048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1131111048_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1131111048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1131111048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 1131111048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1131111048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1131111048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1131111048_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1131111048_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1131111048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dalam mata
pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian, Kecamatan Delitua.
Sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan
model pembelajaran Scramble yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada pokok penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dalam
mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian, Kecamatan
Delitua.
Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis
& Mc Taggart terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilkukan
tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan
pada pelajaran IPA penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya,
kemudian di akhir dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II dan di akhiri dengan
pemberian post test I dan II.
Subjek yang melaksanakan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti
yang bekerja sama dengan guru kelas sebagai observer. Sedangkan subjek yang
dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SD Negeri
101801 Kedai yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16
siswa perempuan. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan
lembar observasi. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara
individu dan secara klasikal dengan kriteria ketuntasan minimal 70 bagi individu
dan ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80%.
Berdasarkan analisis data pada kondisi awal terdapat 8 siswa (22,85%)
yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 53,45. Dari hasil
post test siklus I terdapat 19 siswa (54,28%) yang memenuhi kriteria ketuntasan
dengan rata-rata kelas 67,68. Data ini menunjukkan peningkatan hasil belajar
siswa sebesar 32% dari tes awal. Dari hasil post test siklus II terdapat 31 siswa
(88,57%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan rata-rata kelas 85,65. Data
ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34% dari post test siklus
I. Dari temuan dan hasil penelitian tersebut.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dalam mata
pelajaran IPA di kelas IV. Oleh karena itu guru perlu menerapkan model
pembelajaran Scramble sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 126 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 05:30 |
Last Modified: | 02 May 2017 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24420 |