Batubara, Atika Syahfitri (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DI KELAS V SD. NEGERI NO. 105332 SEIBLUMEI TANJUNGMORAWA TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111009 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 1133111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 1133111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 1133111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 1133111009 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM. 1133111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 1133111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 1133111009 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 1133111009 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
10. NIM. 1133111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM. 1133111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 1133111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
IPS siswa pada materi Jasa dan Peran Tokoh Kemerdekaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS
materi Jasa dan Peran Tokoh di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan dengan
menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) di kelas V SD.
Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD. Negeri No. 105332 Seiblumei
Tanjung Morawa di pada semester genap TA. 2016/2017 yang berjumlah 34
siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berupa soal pilihan ganda
dan observasi berupa observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan,
yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada kondisi awal diperoleh
nilai rata-rata kelas sebesar 38,67 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar
sebanyak 2 orang (5,88%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 32
orang (94,12%). Selanjutnya dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan
model pembelajaran Index Card Match (ICM) diperoleh nilai rata-rata kelas
sebesar 66,17 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 orang
(64,71%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 12 orang (35,29%).
Kemudian dilanjutkan perbaikan pada siklus II dan diperoleh nilai rata-rata kelas
sebesar 82,05 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 orang
(91,18%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 3 orang (8,82%).
Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal, siklus I
dan siklus II sudah mencapai standar ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu
80%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran IPS di kelas V SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa
TA. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 128 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:37 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24419 |