Sari, Nurvika (2017) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI NO. 054906 TEBASAN LAMA KEC. STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111032_COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 1132111032_LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1132111032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 1132111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 1132111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 1132111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM. 1132111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 1132111032_DAFTAR LAMBIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM. 1132111032_BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
13. NIM. 1132111032_BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 1132111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak adalah keluarga,
pendidikan karakter dalam keluarga akan menjadi bekal anak mengolah emosinya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan karakter dalam keluarga
dengan kecerdasan siswa kelas tinggi khususnya di kelas IV SD Negeri No.054906 Tebasan
Lama Kec. Stabat Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua siswa kelas IV SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Keca.Stabat yang berjumlah 43
orang siswa., sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Variabel dalam
penelitian ini ada dua, yaitu pendidikan karakter dalam keluarga sebagai variabel bebas (X)
dan kecerdasan emosional siswa sebagai variabel (Y). Pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan angket skala likert yaitu angket pendidikan karakter dalam
keluarga sebanyak 25 butir item dan angket kecerdasan emosional siswa sebanyak 20 butir
item yang masing-masing variabel telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis
data penelitian dilakukan dengan cara analisis deskriptif yaitu menggunakan tabel frekuensi
untuk menentukan nilai rata-rata, dan menggunakan korelasi Product Momen serta Uji t.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam
keluarga siswa SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat tergolong dalam kategori
sedang dengan nilai rat-rata skor sebesar 76,74 dan kecerdasan emosional siswa SD Negeri
No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat juga tergolong dalam kategori sedang dengan nilai ratrata
skor sebesar 62,44. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Momen dengan taraf
signifikan 5% (α = 0,05) untuk N = 43, maka diperoleh r hitung > r tabel (0,718 > 0,301) yang
menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara pendidikan karakter dalam keluarga
dengan kecerdasan emosional siswa dengan tingkat korelasi yang tinggi. Pada pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung > t tabel atau 6,605 > 0,683, yang
berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis
berisi “adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dalam keluarga dengan
kecerdasan siswa SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat Tahun Ajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PGSD 136 |
Keywords: | Pendidikan Karakter, Keluarga, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:32 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24418 |