PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT ISTRUCTION DENGAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2016/2017

Sari Melina (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT ISTRUCTION DENGAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133311094_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133311094_COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133311094_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133311094_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133311094_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133311094_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133311094_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133311094_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133311094_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133311094_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133311094_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133311094_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133311094_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133311094_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133311094_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133311094_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133311094_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133311094_BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133311094_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133311094_BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133311094_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133311094_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang
diajar dengan model Direct Instruction dan model Inkuiri pada pelajaran IPA
kelas IV materi energi panas dan energi bunyi T.A 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh
siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 44 orang. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan
sebagai sampel yang berjumlah 2 kelas. Kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan
kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan
jumlah 15 soal. Hasil pengujian pretes sebelum diberi perlakuan yang berbeda,
yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,64 dengan standar deviasi 8,500
dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 46,05 dengan standar deviasi 7,961. Pada
pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi
normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (0,121< 2,018),
maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama.
Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan
model Inkuiri dan kelas kontrol dengan model Direct Instruction..Setelah
pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas
eksperimen 82.09 dengan standar deviasi 9.278 dan kelas kontrol 71.00 dengan
standar deviasi 10.156.
Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,79dan ttabel = 1,68,
sehingga thitung > ttabel (3,79 > 1,68) maka Ha diterima, dengan demikian ada
perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Inkuiri dan model
Direct Instruction pada mata pelajaran IPA kelas IV materi energi panas dan
energi bunyi di SD Negeri 105292 Bandar Klippa T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2017 PGSD 142
Keywords: Hasil Belajar, Model Direct Instruction, Model Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2017 04:28
Last Modified: 02 May 2017 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24417

Actions (login required)

View Item
View Item