MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 064993 MEDAN DELI T.A 2016/2017

Suprianti, Elvira (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 064993 MEDAN DELI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133111019_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133111019_COVER.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133111019_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133111019_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133111019_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133111019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133111019_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133111019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133111019_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133111019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133111019_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133111019_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133111019_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133111019_BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133111019_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133111019_BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada
materi Kerja Keras Para Tokoh Selama Masa Persiapan Kemerdekaan Dan Proses
Perumusan Dasar Negara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi Kerja Keras Para Tokoh Selama Masa Persiapan
Kemerdekaan Dan Proses Perumusan Dasar Negara dengan menggunakan model
pembelajaran Artikulasi di kelas VA SD Negeri 064993 Medan Deli.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
dengan tindakan model pembelajaran Artikulasi Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 21 orang
siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua
siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah test dan lembar observasi.
Berdasarkan analisis data, sebelum dilakukan tindakan, hasil pemberian soal
pre test kepada 28 orang siswa sebanyak 2 orang siswa yang tuntas belajar
(7,14%) dan 26 orang siswa yang tidak tuntas (92,86%). Selanjutnya dilakukan
tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi dengan
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 17 orang siswa yang tuntas (60,71%) dan 11
orang siswa yang tidak tuntas belajar (39,29%). Hal ini menunjukkan bahwa telah
terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 53,57% dari
keadaan awal. Kemudian dilanjutkan tindakan perbaikan pada siklus II dengan
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 orang siswa yang tuntas (92,86%) dan 2
orang siswa yang tidak tuntas (7,14%). Hal ini menunjukkan peningkatan
keberhasilan yang dapat dilihat dari nilai pre test, post test siklus I dan siklus II
sudah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu yaitu ≥ 80%.
Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi pada
mata pelajaran IPS materi Kerja Keras Para Tokoh Selama Masa Persiapan
Kemerdekaan Dan Proses Perumusan Dasar Negara di kelas VA SD Negeri
064993 Medan Deli Tahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar
siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 137
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Artikulasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2017 04:24
Last Modified: 02 May 2017 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24416

Actions (login required)

View Item
View Item