Suprianti, Elvira (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 064993 MEDAN DELI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111019_COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2. NIM. 1133111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. NIM. 1133111019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM. 1133111019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 1133111019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 1133111019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 1133111019_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 1133111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 1133111019_BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM. 1133111019_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1133111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada
materi Kerja Keras Para Tokoh Selama Masa Persiapan Kemerdekaan Dan Proses
Perumusan Dasar Negara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi Kerja Keras Para Tokoh Selama Masa Persiapan
Kemerdekaan Dan Proses Perumusan Dasar Negara dengan menggunakan model
pembelajaran Artikulasi di kelas VA SD Negeri 064993 Medan Deli.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
dengan tindakan model pembelajaran Artikulasi Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 21 orang
siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua
siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah test dan lembar observasi.
Berdasarkan analisis data, sebelum dilakukan tindakan, hasil pemberian soal
pre test kepada 28 orang siswa sebanyak 2 orang siswa yang tuntas belajar
(7,14%) dan 26 orang siswa yang tidak tuntas (92,86%). Selanjutnya dilakukan
tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi dengan
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 17 orang siswa yang tuntas (60,71%) dan 11
orang siswa yang tidak tuntas belajar (39,29%). Hal ini menunjukkan bahwa telah
terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 53,57% dari
keadaan awal. Kemudian dilanjutkan tindakan perbaikan pada siklus II dengan
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 orang siswa yang tuntas (92,86%) dan 2
orang siswa yang tidak tuntas (7,14%). Hal ini menunjukkan peningkatan
keberhasilan yang dapat dilihat dari nilai pre test, post test siklus I dan siklus II
sudah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu yaitu ≥ 80%.
Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi pada
mata pelajaran IPS materi Kerja Keras Para Tokoh Selama Masa Persiapan
Kemerdekaan Dan Proses Perumusan Dasar Negara di kelas VA SD Negeri
064993 Medan Deli Tahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar
siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 137 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Artikulasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:24 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24416 |