Bangun, Nindi Erika (2017) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PANGKAS INCREASE LAYER KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123144026 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 5123144026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
3. NIM. 5123144026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5123144026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 5123144026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 5123144026 TABLES.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7. NIM. 5123144026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 5123144026 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5123144026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 5123144026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
14. NIM. 5123144026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
15. NIM. 5123144026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa produk media video tutorial pada mata pelajaran pemangkasan dan penataan rambut dan untuk mengetahui efektifitas pengembangan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran pemangkasan dan penataan rambut kompetensi teknik pangkas layer yang didesain menggunakan modul pembelajaran berbasis web. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tata kecantikan kulit yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 8 Medan. Modul pembelajaran berbasis web meliputi tiga tahapan, yakni : penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, Uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 orang siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 30 orang siswa , dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ahli materi berada pada kualifikasi baik (83,2%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (84,2%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi cukup baik (62,55%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (81,2%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (90,2%), (6) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (90,4%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (90%) ini membuktikan tingkat keefektifan modul pembelajaran berbasis video tutorial yang di kembangkan sangat baik untuk mata pelajaran khusus kompetensi teknik pangkas layer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 047 |
Keywords: | Media pembelajaran berbasis video tutorial; Pangkas increase layer |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:02 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24411 |