Rahmawati, Endang (2017) ANALISIS KESULITAN TEKNIK MENGANYAM DAN HASIL BELAJAR ANYAMAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113341010 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 5113341010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
3. NIM. 5113341010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 5113341010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 5113341010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 5113341010 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5113341010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5113341010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
12. NIM. 5113341010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 5113341010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kesulitan teknik menganyam dan Hasil menganyam Pada Mata Pelajaran Prakarya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam, dengan jumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling yaitu berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesulitan teknik menganyam dan hasil belajar anyaman pada mata pelajaran prakarya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan yang dilakukan oleh 5 observer yang kisi-kisinya terdiri dari 10 indikator. Penentuan skor dilakukan dengan rentang nilai 4-1. Berdasarkan hasil penelitian maka, kesulitan menganyam pandan oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam hasil penilaian pengamatan secara keseluruhan diperoleh siswa tidak mengalami kesulitan dalam menganyam pandan sebanyak 56,25%. Tetapi siswa masih mengalami kesulitan pada indikator ukuran fragmen yaitu sebanyak 14 siswa (43.75%). Hasil anyaman pandan pada teknik anyaman silang tunggal oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk pakam hasil penilaian pengamatan indikator ketepatan menganyam silang tunggal diperoleh rata-rata 30.46 dan Standar deviasi 10.32 dengan skor tertinggi 37 dan skor terendah 26. Setelah dilakukan uji kesepakatan pengamat pada diperoleh F0 = 2.87 Jika dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 4 : 20, diperoleh Ftabel = 2.87, sehingga diketahui Fo< Ft (2.85 < 2.87). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang analisis proses membuat anyaman siswa kelas VII SMP negeri 2 Lubuk Pakam dapat digunakan untuk mengumpulkan data penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BUS 021 |
Keywords: | Kesulitan menganyam; Hasil belajar anyaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2017 03:55 |
Last Modified: | 02 May 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24409 |