Nazli, Muhammad Wahyu (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR PADA SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 5113331026 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
02 NIM 5113331026 APPROVAL SHEET, LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
03 NIM 5113331026 ABSTRACT, ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04 NIM 5113331026 PREFACE, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
05 NIM 5113331026 TABLE OF CONTENT, DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
06 NIM 5113331026 ILLUSTRATION, DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
07 NIM 5113331026 TABLES, DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
08 NIM 5113331026 APPENDICES, DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
09 NIM 5113331026 CHAPTER I, BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13 NIM 5113331026 CHAPTER V, BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14 NIM 5113331026 BIBLIOGRAPHY, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Pada saat ini, ada banyak media pembelajaran cetak yang dapat digunakan oleh guru utnuk membantu dalam menunjang proses belajar mengajar. Penggunaan modul pembelajaran juga dapat berperan dalam mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataannya hingga sampai saat ini, masih ada guru yang kurang memanfaatkan modul dalam mengajar. Hal ini terlihat dari caranya mengajar yang masih menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan buku cetak yang kurang menarik minat belajar dari para siswa. Hal ini dapat memakan waktu yang lama dalam menjelaskan suatu materi pembelajaran. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk belajar di luar jam sekolah juga sangat jarang dipergunakan oleh para guru. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti mencoba mengembangkan modul dalam suatu media E-Learning seperti Edmodo yang bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, baik di dalam kelas, maupun di luar jam sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Imelda Medan yang terletak di Jalan Bilal No. 52 Pulo Brayan Darat 1 Medan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Variabel dari penelitian ini adalah Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar. Sampel dari penelitian ini terdiri dari siswa yang ada di kelas XI TITL SMK Swasta Imelda Medan. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modula pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development atau yang lebih dikenal dengan R & D. Sedangkan Model pengembangannya menggunakan model ASSURE.
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, ahli materi memberikan nilai sebesar 3,6 yang mampu mencapai indikator kelayakan Sangat Baik. Hasil dari uji coba juga mencapai indikator kelayakan Sangat Baik sebesar 3,31. Dengan demikian, pengembangan modul pembelajaran sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk modul pembelajaran ini.