Angraini, Nia Devi (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 106172 TUNTUNGAN KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311090_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1133311090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 1133311090_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 1133311090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1133311090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1133311090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 1133311090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 1133311090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
9. NIM. 1133311090_BAB I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
13. NIM. 1133311090_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 1133311090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang rendah pada
pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet akan meningkat melalui
penggunaan metode Penemuan Terbimbing di kelas V SD Negeri 106172
Tuntungan semester genap T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Tindakan tiap siklus
dilakukan 2 x pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Penemuan
Terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan T.A
2016/2017 sebanyak 24 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
SD Negeri 106172 Tuntungan yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 15
orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan
ganda. Tes yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretes, tes siklus I dan II.
Sedangkan Observasi meliputi aktivitas guru dan siswa.
Hasil tindakan siklus I dan II dengan menggunakan metode penemuan terbimbing
pada mata pelajara IPA tentang Gaya Magnet, dari nilai hasil tes belajar aspek
penguasaan konsep pada siklus I terdapat 14 siswa yang mengalami ketuntasan
dengan persentase klasikal 58,33% dan 10 siswa yang belum tuntas dengan
persentase 41,67%. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga
ketuntasan meningkat menjadi 22 siswa dengan persentase 91,67% dan 2 siswa
yang belum tuntas. Hasil Observasi pada aspek penilaian sikap siswa diperoleh
rata-rata kelas pada siklus I sebesar 62,24 (cukup) dan meningkat pada siklus II
sebesar 78,38 (baik). Pada aspek penilaian keterampilan siswa diperoleh rata-rata
kelas pada siklus I sebesar 65,73 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi
78,95 (baik). Dari tindakan siklus I dan II tersebut dapat disimpulkan bahwa
metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA
pada materi Gaya Magnet di kelas V SD Negeri 106172 Tuntungan. Guru
disarankan dalam pembelajaran dapat menerapkan metode pembelajaran
penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PGSD 139 |
Keywords: | Hasil belajar, Metode Penemuan Terbimbing, Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 02:47 |
Last Modified: | 02 May 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24402 |