Lestari, Putri Dwi (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA BINA SISWA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141112 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7123141112 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM 7123141112 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM 7123141112 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM 7123141112 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 7123141112 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 7123141112 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM 7123141112 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM 7123141112 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM 7123141112 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM 7123141112 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru dan fasilitas belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuannya mengetahui pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bina Siswa dengan sampel sebanyak 31 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabelitas, yang dilakukan menggunkan aplikasi software SPSS 20.0. Tekniki analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis, yaitu: uji t dan uji f yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung = 3,387 > ttabel = 1,699 pada taraf signifikansi 95% atau ( , fasilitas belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung = 2,332 > ttabel = 1,699 pada taraf signifikansi 95% atau ). Hasil uji F menjukkan bahwa kompetensi guru dan fasiltas belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai Fhitung = 346,541 > Ftabel 3,33 dengan nilai signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y= 8,898 + 0,555 X1 + 0,371 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 96%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 013 |
Keywords: | Kompetensi guru; Fasilitas belajar; Prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 08:09 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24393 |