Pranata, Adi (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DENGAN VARIASI BERMAIN DI YKPC SLB ALPHA OMEGA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 6123111002 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
02. NIM. 6123111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
03. NIM. 6123111002 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
04. NIM. 6123111002 PREVACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. NIM. 6123111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
06. NIM. 6123111002 TABLE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
07. NIM. 6123111002 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
08. NIM. 6123111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
09. NIM. 6123111002 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 6123111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 6123111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor berjalan, berlari, melompat dan meloncat untuk anak tunagrahita sedang dengan variasi bermain di YKPC SLB Alpha Omega Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SLB Alpha Omega Kabanjahe yang berjumlah 8, siswa yang terdiri dari 6 putera dan 2 puteri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan menerapkan variasi bermain.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1). Pada Siklus I, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 3 orang siswa (37,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (62,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata–rata yang diperoleh hanya mencapai 64,06. (2). Pada Siklus II, ternyata 7 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 1 orang siswa (12,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata– rata yang diperoleh hanya mencapai 70,7.
Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan variasi bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor anak tunagrahita sedang di YKPC SLB Alpha Omega Kabanjahe Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 07:10 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24380 |