Permana, Ryan (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141132 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 7123141132 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. NIM 7123141132 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM 7123141132 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. NIM 7123141132 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7123141132 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7123141132 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141132 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123141132 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM 7123141132 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
14. NIM 7123141132 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan. Populasi sebanyak 137 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 102 siswa dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur efikasi dan kemandirian belajar mahasiswa adalah dengan menggunakan angket, validitas diuji dengan menggunakan teknik product moment dengan hasil dari 26 instrumen angket efikasi diri, 24 instrumen angket yang valid. Dan dari 26 instrumen angket kemandirian belajar, ada 23 instrumen angket yang valid. Reliabilitas angket dihitung dengan rumus Cronbach Alpha dengan hasil untuk X1(0,871 > 0,312) dan X2(0,895 > 0,312). Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linear berganda, dan persamaan yang diperoleh adalah Y = 35,149 + 0,269X1 + 0,383X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t pada taraf signifikan alpha 5%, dengan hasil yang diperoleh bahwasanya efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai thitung>ttabel (1,926 > 1,664) dan kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung>ttabel (2,798 > 1,664). Sementara secara simultan efikasi diri dan kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat berdasarkan hasil Fhitung> Ftabel (69,266 > 3,09). Efikasi diri dan kemandirian belajar memiliki koefisien determinasi sebesar 57% terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan 43% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 014 |
Keywords: | Efikasi diri; kemandirian belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 03:37 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24371 |