Sinaga, Rosliana Maria (2008) HUBUNGAN PEMAHAMAN KURIKULUM 2006 (KTSP) DAN KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN MUTU PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 061188130043 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
2. 061188130043 Abstrak.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. 061188130043 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
4. 061188130043 Bab I.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
5. 061188130043 Bab V.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
6. 061188130043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan antara pemahaman guru terhadap kurikulum 2006 (KTSP) dengan mutu pembelajaran guru (2) Apakah terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru dengan mutu pembelajaran. (3) Apakah terdapat hubungan antara pemahaman terhadap kurikilum 2006 dan kompetensi professional guru secara bersama-sama dengan dengan mutu pembelajaran guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan pemahaman kurikulum 2006 dengan mutu pembelajaran guru, hubungan kompetensi profesional dengan mutu pembelajaran, dan hubungan pemahaman kurikulum 2006 dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan mum pembelajaran guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dan dilakukan di SMA Negeri Kota Medan dengan populasi penelitian adalah seluruh guru di SMA Negeri Kota Medan dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 70 orang yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data dianalisa dengan menggunakan teknik korelasi product moment, regresi sederhana, regresi ganda dan korelasi parsial serta uji-t.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif yang berarti antara pemahaman kurikulum 2006 dengan mutu pembelajaran guru yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r=0,711 atau r2= 0,506 dan thiwi3O),711>tubd-A1,232 dengan dk--58 pada taraf kepercayaan α = 0,05. (2) Terdapat hubungan positif yang berarti antara kompetensi profesional dengan mutu pembelajaran yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r4,701 atau r41,491 dan th,tune9,701>tither4),232 dengan dk=68 pada taraf kepercayaan α = 0,05. (3) Terdapat hubungan positif yang berarti antara pemahaman kurikulum 2006 dan kompetensi profesional secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R= 0,730 atau R2:),532 pada taraf kepercayaan α = 0,05 yang berarti 53,2% mum pembelajaran guru SMA Negeri di Kota Medan dapat dijelaskan dengan variabel pemahaman kurikulum 2006 dan kompetensi profesional secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda i=67,946+0.051.X1+0.120.X2. Sumbangan efektif pemahaman kurikulum 2006 sebesar 29,726% dan sumbangan efektif kompetensi profesional sebesar 23,506% terhadap mutu pembelajaran guru SMA Negeri di Kota Medan.Simpulan hasil penelitian adalah; terdapat hubungan positif yang berarti antara pemahaman kurikulum 2006 dan kompetensi profesional balk secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran guru SMA Negeri di Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.19 Sin h |
Keywords: | Kualitas pembelajaran; Guru; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Kompetensi profesional guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2435 |