Kusumayanti, Dessy Rahmi (2017) PEMBELAJARAN TARI HAROAN BOLON MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123340008 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2123340008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 2123340008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 2123340008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 2123340008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2123340008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2123340008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2123340008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2123340008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
13. NIM. 2123340008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 2123340008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tari Haroan Bolon dengan menggunakan media audio visual untuk mempermudah dalam mengajarkan materi tari Haroan Bolon kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran tari Haroan Bolon melalui media audio visual dan bagaimana pembelajaran menggunakan media pada tari Haroan Bolon. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, menurut Oemar Hamalik,melalui penggunaan media audio visual menurut Munadi dan metode pedekatan saitifik menurut Faddilah. Populasi dalam penenlitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Kisaran, dan sampel yaitu siswa kelas X MIA 1. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Pelaksanaan metode kuantitatif tidak terlepas pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsesrvasi lapangan, studi pustaka, dokumentasi, teknik analisis data kuantitatif. Adapun hasil dari penlitian ini adalah memperoleh hasil praktek tari dari media pembelajaran tari Haroan Bolon dengan menggunakan media audio visual nilai pembelajaran seni tari siswa meningkat dengan adanya media audio visual. Sebelum menggunakan media audio visual, nilai rata-rata siswa pada pembelajaran seni tari kecendrungan dibawah rata-rata yaitu 75 (Tujuh Lima), tetapi dengan pengajaran pendekatan saintifik melalui media audio visual akhirnya dapat membantu siswa dalam pembelajaran seni tari dengan jumlah rata-rata mencapai 83,33%. Oleh karena itu dengan audio visual anak - anak lebih mudah dalam proses pembelajaran tari. Dengan menggunakan media audio visual siswa mampu menari dengan teknik yang benar, menghapal setiap ragam gerak Haroan Bolon dengan cepat, mengkordinasikan gerak antar bagian, menari dengan tepatan tempo dengan musik, menari dengan ekspresi. video pembelajaran tari Haroan Bolon dan gambar penjelasan tentang tari Haroan Bolon berupa penilaian wiraga, wirama, dan wirasa tari Haroan Bolon. Serta petunjuk dari metode pendekatan saintifik dalam pembelajaran tari Haroan Bolon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 TARI 006 |
Keywords: | Pembelajaran tari; Pendekatan saintifik; Proses belajar mengajar; Audio visual |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 09:44 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24349 |