Pasaribu, Hamidah (2008) KONTRIBUSI PENGAWASAN INTERNAL DAN PENGAWASAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA SEKOLAH SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 065030587 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
2. 065030587 Abstrak.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. 065030587 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. 065030587 Bab I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
5. 065030587 Bab V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. 065030587 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat kontribusi yang signifikan pengawasan internal terhadap kinerja sekolah?, (2) apakah terdapat kontribusi yang signifikan pengawasan eksternal terhadap kinerja sekolah?, dan (3) apakah terdapat kontribusi yang signifikan pengawasan internal dan pengawasan eksternal terhadap kinerja sekolah?.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kontribusi pengawasan internal terhadap kinerja Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Medan, (2) untuk mengetahui kontribusi pengawasan eksternal terhadap kinerja Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Medan, (3) untuk mengetahui kontribusi pengawasan internal dan pengawasan eksternal terhadap kinerja Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Medan.Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis ex-post facto dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian ke dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kota Medan yang berada di masing-masing unit kerja. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 59 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi sederhana dan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengawasan internal mempunyai kontribusi yang signifikan dengan kinerja sekolah dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 23%, (2) pengawasan eksternal mempunyai kontribusi yang signifikan dengan kinerja sekolah dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 34%, dan (3) pengawasan internal dan pengawasan eksternal secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja sekolah dengan besar sumbangan efektif sebesar 57%.Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengawasan internal dan pengawasan eksternal merupakan faktor menentukan peningkatan kinerja sekolah. Fakta empiris ini menujukkan bahwa Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan beserta jajarannya disarankan untuk memberikan perhatian khusus terutama dalam kaitan peningkatan kinerja sekolah melalui efektifitas kegiatan pengawasan baik secara internal maupun eksternal di masing-masing satuan pendidikan yang menjadi tanggung jawab dan pembinaan dinas untuk masa-masa yang akan datang.Disamping itu, peningkatan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah maupun pemberdayaan komite sekolah dalam melaksanakan pengawasan hendaknya terus dikembangkan melalui pelatihan dan penataran yang efektif sehingga akan menjadi faktor pendorong yang positif bagi peningkatan kinerja sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Pas k |
Keywords: | Pengawasan internal; Pengawasan eksternal; Kinerja sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2434 |