Pasaribu, Irhamdani (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN PENERAPAN VARIASI MENGAJAR TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI SKB KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123171016 COVER .pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 1123171016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM. 1123171016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM. 1123171016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 1123171016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM. 1123171016 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1123171016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
11. NIM. 1123171016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
12. NIM. 1123171016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang terampilnya tutor menerapkan variasi mengajar, rendahnya motivasi peserta didik paket C dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, dan peserta didik kurang menghargai tutor dalam proses pembelajaran Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan penerapan variasi mengajar tutor dengan motivasi belajar peserta didik.
Variasi mengajar adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid sehingga, dalam situasi belajar mengajar, murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme, serta penuh partisipasi. Variasi mengejar dalam proses belajar mengajar meliputi 3 (tiga) aspek yakni variasi dalam gaya mengajar, variasi dalam menggunakan media dan bahan pengajaran, dan variasi dalam intereaksi antara guru dan siswa. Motivasi adalah istilah umum yang menunjukkan kepada keadaan (kondisi) yang menggerakkan tingkah laku sebagai hasil keadaan yang mengarahkan kepada tujuan atau tingkah laku akhir. Motivasi terbagi menjadi 2 (dua) yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik di SKB Kota Binjai. teknik pengumpulan data adalah angket. Analisa data dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara keterapilan penerapan variasi mengajar tutor dengan motivasi belajar peserta didik paket C. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus Product Moment diperoleh 〖 r〗_hitung>r_tabel yaitu 0,445 > 0,312. Dan dari Uji Hipotesis diperoleh t_(hitung )> t_tabel yaitu 3,020 > 1,684. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Keterampilan penerapan variasi mengajar tutor berhubungan dengan motivasi belajar peserta didik paket C di SKB Kota Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 017 |
Keywords: | Variasi mengajar; Motivasi belajar; Peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 04:01 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24323 |