Astuti, Wiwik (2017) PENGARUH MEDIA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKA PLUS AN-NIZAM MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131113025 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1131113025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
3. NIM. 1131113025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 1131113025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1131113025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM. 1131113025 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 1131113025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 1131113025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
12. NIM. 1131113025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 1131113025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah perkembangan nilai agama dan moral anak yang belum berkembang secara optimal. Hal tersebut dikarenakan anak didik mendapatkan proses pembinaan, pembentukkan, pengarahan dengan menggunakan metode yang belum bervariasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media bergambar terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TKA Plus An-nizam.
Penelitian ini menggunakan 2 kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu B1 dan B2. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau rendom dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang dari tiap kelas. Kelas B2 sebagai kelas kontrol dan B1 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Variabel bebas adalah Media bergambar sedangkan variabel terikat adalah nilai agama dan moral. Instrument pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α= 0,05.
Dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media gambar di kelas eksperimen memperoleh nilai rata- rata 2,96 tergolong dalam kategori Berkembang sesuai harapan. Dari hasil observasi anak yang dibelajarkan dengan metode bercakap-cakap kelas kontrol memperoleh nilai rata – rata 2,24 tergolong dalam kategori mulai berkembang. Perkembangan nilai agama dan moral anak pada kelas eksperimen terdapat 35 % anak mendapatkan skor BSH ( Berkembang sesuai harapan) dan 65 % anak mendapatkan skor BSB ( Berkembang sangat baik) 0% anak mendapatkan skor MB (Mulai Berkembang), dan 0% anak mendapatkan skor BB( Belum Berkembang). Dikelas kontrol terdapat 35% anak mendapatkan skor BSH, 0% anak mendapatkan skor BSB ( Berkembang Sangat Baik), 65% anak mendapatkan skor MB(Mulai Berkembang) 0% anak mendapatkan skor BB ( Belum Berkembang). Hasil pengujian menyimpulakan bahwa h thitung > ttabel (5,6818> 1,7074), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: “Ada Pengaruh yang Signifikan Pada Media Bergambar Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Usia 5-6 Tahun di TKA Plus An-Nizam T.A 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 018 |
Keywords: | Nilai agama; Moral; Media gambar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 02:49 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24319 |