Mahrepa, Mutia (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI KELS V SD 107405 SEI ROTAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN MUTIA MAHREPA (1133311023).pdf - Published Version
Download (908kB) | Preview
03. ABSTRAK MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
05. DAFTAR ISI MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09 BAB I MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. BAB V MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA MUTIA MAHREPA (NIM 1133311023).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok cerpen dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan ketermpilan berbicara siswa. Penelitan yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan dan dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian pelaksanaan, pada siklus I pertemuan 1 terdapat 3 orang siswa (9,37%) yang terampil berbicara, 29 orang siswa (90,62%) yang kurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai rata-rata 61,25. Pada siklus I pertemuan 2 terdapat 6 orang siswa (18,72%) yang terampil berbicara, 26 orang siswa (81,25%) yang kurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai rata-rata 66,66. Pada siklus II pertemuan 1 terdapat 21 orang siswa (65,62%) yang terampil berbicara, 11 orang siswa (34,37%) yang kurang terampil berbicara. Pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai rata-rata 82,22. Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 32 orang siswa (100%) yang terampil berbicara. Dan dari pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai rata-rata 96,25. Dalam hal ini hasil observasi mengalami peningkatan dengan kriteria sangat terampil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok cerpen di kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 108 |
Keywords: | Keterampilan; Berbicara; Model pembelajaran; Pembelajaran artikulasi; Bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 08:37 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24315 |