Cantik, Ade (2017) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR YANG DIBERIKAN OARANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DESA PON KECAMATAN SEI BAMBAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1131111001 Cover.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
02. NIM 1131111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
03. NIM 1131111001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
04. NIM 1131111001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
05. NIM 1131111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
06. NIM 1131111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 1131111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 1131111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 1131111001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
10. NIM 1131111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
15. NIM 1131111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
16. NIM 1131111001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan Fasilitas Belajar yang diberikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Muhammadiyah Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar yang dibearikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai T.A. 2016/2017. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Fasilitas Belajar yang diberikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 39 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 39 siswa ditentukaan dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 19 januari 2017 hingga 19 maret 2017. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,440 dengan rtabel = 0,325 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,440 > 0,325 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, fasilitas belajar yang diberikan orang tua memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan fasilitas belajar yang diberikan orang tua dengan hasil belajar siswa menggunakan rumus uji t. dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,979 dengan ttabel = 2,026 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,979 > 2,026 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara Fasilitas Belajar yang diberikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai” dapat diterima. Dimana, semakin tinggi fasilitas belajar yang diberikan orang tua maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 111 |
Keywords: | Hasil belajar; Fasilitas belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 08:24 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24311 |