Ginting, Lidiya Kanda Br. (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
03. ABSTRAKLIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
05. DAFTAR ISI LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09. BAB I LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. BAB V LIDIYA KANDA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA LIDIYA KANDA (NIM 1131111018).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA yaitu materi daur hidup hewan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) materi daur hidup hewan di kelas IV SD Negeri 105300 Suka Makmur Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105300 Suka Makmur Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Ada 2 siklus, dalam setiap siklus 2 kali pertemuan. Pelaksanaan siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleki. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa kelas IV, Siswa yang tuntas pada Pre Test 8 (29,63%) siswa, siswa tidak tuntas 19 (70,37%) siswa, nilai rata- rata kelas 55,56. Oleh karena itu, pada tindakan selanjutnya peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Pada Test siklus I, jumlah siswa yang tuntas 14 (51,85%) siswa , jumlah siswatidak tuntas 13 (48,15%) siswa dan nilai rata- rata kelas 64,26. Ini membuktikan adanya peningkatan dari sebelumnya dimana peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu 51,85%. Pada saat test siklus II, jumlah siswa yang tuntas mencapai 25 (92,59% ) siswa, jumlah siswa yang tidak tuntas hanyak sebanyak 2 (7,41%) siswa dan nilai rata- rata kelas yang dicapai siswa 90.00. Terdapat peningkatan nilai hasil belajar dari siklus I ke sklus II yaitu 40,74%. Ini membuktikan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dimulai dari pemberian tes awal (pre test), siklus I dan siklus II. Hal ini berarti hasil yang diperoleh siswa pada tes siklus II sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara Klasikal. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan melihat perubahannya dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation tersebut pada pelajaran IPA dengan materi daur hidup hewan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 113 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Group investigation; IPA; Daur hidup hewan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 08:17 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24309 |