MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Ginting, Lidiya Kanda Br. (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
01. COVER LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAKLIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAKLIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
09. BAB I LIDIYA KANADA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V LIDIYA KANDA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
13. BAB V LIDIYA KANDA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA LIDIYA KANDA (NIM 1131111018).pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA LIDIYA KANDA (NIM 1131111018).pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA yaitu materi daur hidup hewan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) materi daur hidup hewan di kelas IV SD Negeri 105300 Suka Makmur Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105300 Suka Makmur Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Ada 2 siklus, dalam setiap siklus 2 kali pertemuan. Pelaksanaan siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleki. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa kelas IV, Siswa yang tuntas pada Pre Test 8 (29,63%) siswa, siswa tidak tuntas 19 (70,37%) siswa, nilai rata- rata kelas 55,56. Oleh karena itu, pada tindakan selanjutnya peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Pada Test siklus I, jumlah siswa yang tuntas 14 (51,85%) siswa , jumlah siswatidak tuntas 13 (48,15%) siswa dan nilai rata- rata kelas 64,26. Ini membuktikan adanya peningkatan dari sebelumnya dimana peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu 51,85%. Pada saat test siklus II, jumlah siswa yang tuntas mencapai 25 (92,59% ) siswa, jumlah siswa yang tidak tuntas hanyak sebanyak 2 (7,41%) siswa dan nilai rata- rata kelas yang dicapai siswa 90.00. Terdapat peningkatan nilai hasil belajar dari siklus I ke sklus II yaitu 40,74%. Ini membuktikan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dimulai dari pemberian tes awal (pre test), siklus I dan siklus II. Hal ini berarti hasil yang diperoleh siswa pada tes siklus II sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara Klasikal. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan melihat perubahannya dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation tersebut pada pelajaran IPA dengan materi daur hidup hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 113
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Group investigation; IPA; Daur hidup hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 08:17
Last Modified: 26 Apr 2017 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24309

Actions (login required)

View Item
View Item