Hutapea, Dasmansyah (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 106162 MEDAN ESTATE KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111006 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 1131111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. NIM. 1131111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 1131111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 1131111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1131111006 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1131111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1131111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1131111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 1131111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 1131111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Mind Mapping dan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kegiatan ekonomi di kelas V SDN 106162 Medan Estate T.A. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106162 Medan Estate tahun 2016/2017 dengan jumlah 63 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas VA sebanyak 34 orang siswa dan kelas VB sebanyakk 29 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 5 soal. Uji normalitas menggunakan uji liliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,118, Ltabel = 0,151, sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,107 Ltabel = 0,165. Lhitung < Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,19, Ftabel =1,80. Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Berdasarkan analisis data, rata-rata nilai siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping adalah 71,47 dengan standar deviasi 9,81 dan untuk rata-rata nilai dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 62,06 dengan standar deviasi 9,87. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung = 4,29 signifikan pada taraf α=0,05 dan dk = 61 dan harga ttabel = 1,67. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,29 > 1,67, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 116 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Mind mapping; CTL |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 08:14 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24308 |