Pertiwi, Wulan (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUAL, REPETITION (AIR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
03. ABSTRAK WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
05. DAFTAR ISI WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. DAFTAR GRAFIK WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. DAFTAR GRAFIK WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
10. BAB I WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
14. BAB V WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA WULAN PERTIWI (NIM 1131111050).pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat – sifat benda di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2016/ 2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 101765 Bandar Setia dengan jumlah siswa 29 orang siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada pre test hasil yang diperoleh dari 29 siswa terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (13,80 %) dan sebanyak 25 siswa yang belum tuntas dengan persentase (86,20 %). Pada tes siklus I terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (55,17 %) dan 13 siswa yang belum tuntas dengan persentase (44,83 %). Dan pada siklus II terdapat 26 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (89,66 %) dan sebanyak 3 siswa yang belum mendapat nilai tuntas dengan persentase (10,34 %). Melihat ketuntasan yang diperoleh >80 % maka secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Adapun hasil observasi guru mengajar pada siklus I yaitu 64,28 % dan mengalami peningkatan sebesar 23,81 % menjadi 88,09 % pada siklus II. Hasil observasi siswa dari aspek afektif dan psikomotorik pada siklus I sebesar 58, 87 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,34. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat – sifat benda di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2016/ 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 123 |
Keywords: | Hasil belajar; IPA; Model pembelajaran auditory; Intellectual repetition (AIR) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 08:11 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24307 |