Simbolon, Ayu Rotuanta (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS IV SD NEGERI 060893 DARUSSALAM T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111011 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 1123111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
3. NIM. 1123111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1123111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM. 1123111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 1123111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1123111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM. 1123111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1123111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery pada pelajaran matematika materi bangun datar simetris di kelas IV SD Negeri 060893 Darusalam,Kecamatan Medan Petisah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 060893 Darusallam yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan presentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika memenuhi nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran matematika adalah 70 dan secara klasikal ≥ 70% siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Discovery pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060893 Darusallam. Dari hasil Pre Test diperoleh ketuntasan belajar 16,67% dengan rata-rata kelas 35,00 dan setelah dilaksanakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa 43,34% dengan rata-rata kelas 50,50. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 70,00% dengan rata-rata kelas 71,16. Peningkatan hasil belajar siswa dari keadaan awaln ( pre test) ke siklus I sebesar 26,67% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 26,66 %. Dengan demikian dapat disimpulkam bahwa metode Discovery dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bangun datar simetris di kelas IV SD Negeri 060893 Darusallam. Oleh karena itu peneliti berharap guru dapat menggunakan metode Discovery dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 119 |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Metode pembelajaran; Bangun datar simetri; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 03:20 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24298 |