Nasution, Ummi Latifah (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY SISWA KELAS V SD NEGRI 104205 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111047_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1131111047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 1131111047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 1131111047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 1131111047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 1131111047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1131111047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1131111047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1131111047_BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 1131111047_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 1131111047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini ini bertujuan untuk mengatahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Think Pair Share dan metode Discovery pada materi pokok bumi dan alam semesta di kelas V SDN 104205 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104205 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampel, dengan perincian 32 siswa kelas VA (kelas kontrol) terdiri 12 laki-laki dan 20 perempuan yang diajarkan dengan Metode Think Pair Share sementara 32 siswa kelas VB (kelas eksperimen) terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan dengan menggunakan Metode Discovery. Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 4 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran siswa dilihat adanya perbedaan yang signifikan antar hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Think Pair Share dan metode Discovery, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Think Pair Share 73,43 dengan simpangan baku (SD) sebesar 5,51 sedangkan dengan menggunakan metode Discovery 85,31 dengan simpangan baku (SD) 7,39. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana t hitung > t tabel (5,68 > 2,00), yang berarti dalam penelitian ini HO ditolak sekaligus sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan Antara Metode Think Pair Share dan Metode Discovery Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 104205 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 117 |
Keywords: | Hasil belajar; Think pair share; Metode discovery; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 03:17 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24297 |