Panjaitan, Triaman Januarisdo (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (795kB) | Preview
03.ABSTRAK TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
05.DAFTAR ISI TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. Daftar Gambar TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. BAB V TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA TRIAMAN JANUARISDO PANJAITAN (1133311013).pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah, guru tidak menggunakan media atau alat peraga pada saat proses belajar mengajar berlangsung, kurangnya kreativitas siswa ketika proses belajar berlangsung. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Mengguanakan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN 101775 Sampali Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101775 Sampali Kab.Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2107, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vb SDN 101775 Sampali Kab. Deli Serdangyang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian yang dilakukan adala penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat tes awal dari 26 siswa di peroleh tingkat ketuntasan sebanyak 3 siswa (11,53%) dan sebanyak 23 siswa (88,46%) belum tuntas dengan nilai rata-rata klsasikal 43. Pada siklus I sebanyak 14 siswa (53,84%) dengan nilai rata-rata klasikal 66,46, dan sebanyak 12 siswa (46,15%) belum tuntas. Pada siklus II di peroleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 23 (88,46%) dengan nilai rata-rata klasikal 80,46 dan sebanyak 3 siswa (11,53%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya pertemuan I 68,75%(cukup), pertemuan II 70,31(baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I 84,37 serta pertemuan II menjadi 90,62%. Demikian juga hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I 67,5% serta 72,5% dan mengalami peningktan pada siklus II yaitu 82,5% dan 92,5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101775 Sampali Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 101 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Quantum teaching; Materi pembelajaran; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 03:10 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24295 |