PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Indaayu, Putri (2017) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER PUTRI INDAH AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
01. COVER PUTRI INDAH AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR DIAGRAM PUTRI INDA AYU (NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR DIAGRAM PUTRI INDA AYU (NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09. DAFTAR LAMPIRAN PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
09. DAFTAR LAMPIRAN PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
10. BAB I PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V PUTRI INDA AYU (NIM 1133311017).pdf]
Preview
Text
14. BAB V PUTRI INDA AYU (NIM 1133311017).pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA PUTRI INDA AYU ( NIM. 1133311017).pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pokok mengomentari persoalan faktual. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan model Think Pair Share pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101775 Sampali, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 26 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan model think pair share. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes yang berbentuk lisan dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor/nilai individu, mencari nilai rata-rata kelas, dan menghitung ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti bersama guru kelas, dari 26 orang siswa terdapat 4 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (15,83%) dan 22 siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase (84,62%), dengan nilai rata-rata kelas 48,69. Kemudian pada siklus I pertemuan I dengan penerapan model think pair share, terdapat 8 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (30,77%) dan 18 siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase (69,23%), dengan nilai rata-rata kelas 59,27. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II terdapat 14 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (53,84%) dan 12 siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase (46,16%), dengan nilai rata-rata kelas 67,38. Kemudian pada siklus II pertemuan I, terdapat 18 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (69,23%) dan 8 siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase (30,77%), dengan nilai rata-rata kelas 74,46. Selanjutnya pada siklus II pertemuan II terdapat 21 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (80,77%) dan 5 siswa yang belum terampil berbicara (19,23%), dengan rata-rata nilai kelas 80,35. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan keterampilan berbicara secara klasikal sebanyak 26,93% dan nilai rata-rata kelas meningkat 12,97 dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pokok mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 106
Keywords: Keterampilan berbicara; Model pembelajaran kooperatif; Think pair share; Pembelajaran bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:35
Last Modified: 26 Apr 2017 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24282

Actions (login required)

View Item
View Item