Darajat, Zakiah (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DI KELAS VA SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ZAKIAH DARAJAT ( NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (792kB) | Preview
03. ABSTRAK ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
06. DAFTAR GAMBAR ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
07. DAFTAR TABEL ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
09. BAB I ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. BAB V ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ZAKIAH DARAJAT (NIM 1133311062).pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menentukan unsur-unsur cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menentukan unsur-unsur cerita pendek. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi yang diamati oleh peneliti pada kondisi awal diperoleh hasil minat belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 22 orang (78,57%) dengan kategori kurang, dan sebanyak 6 orang (21,42%) dengan kategori cukup dan rata-rata kelas kondisi awal yaitu 56,17. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran CIRC diperoleh hasil minat belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 16 orang siswa (57,14%) dengan kategori kurang, 6 orang siswa (21,42%) dengan kategori cukup dan hanya 6 siswa (21,42%) dengan kategori baik, rata-rata kelas siklus I yaitu 64,61. Dan pada siklus II dengan signifikan hasil belajar siswa meningkat diperoleh hasil 28 orang siswa terdapat 26 orang siswa (92,85%) dengan kategori sangat baik dan 2 orang siswa (7,14%) dengan kategori baik dan rata-rata kelas siklus II yaitu 89,83. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar angket pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran CIRC diperoleh hasil minat belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 10 orang siswa (35,71%) dengan kategori kurang, 8 orang siswa (28,57%) dengan kategori cukup , 8 orang (28,57%) dengan kategori baik. 2 orang (7,14%) dengan kategori sangat baik rata-rata kelas siklus I yaitu 68,23. Dan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (7,14%) dengan kategori baik, dan 26 orang siswa (92,85%) dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas siklus II yaitu 89,01. Hasil penelitian dengan menggunakan Pos Test diperoleh hasil pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran CIRC diperoleh hasil dari 28 orang siswa terdapat 19 orang (67,85%) dengan kategori kurang, sebanyak 6 orang (21,42%) dengan kategori cukup, sebanyak 2 orang (7,14%) dengan kategori baik, dan sebanyak 1 orang (3,57%) dengan kategori sangat baik rata-rata kelas siklus I yaitu 60,83. Dan pada siklus II terdapat 28 orang siswa (100%) dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas siklus II yaitu 88,38
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menentukan unsur-unsur cerita pendek di kelas VA SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 097 |
Keywords: | Hakikat belajar; Minat belajar; Model pembelajaran; Cerita pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:12 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24274 |