Yanti, Yuli (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS DI SMA SWASTA BINA SISWA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7122141035 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2.NIM 7122141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
4. NIM 7122141035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3.NIM 7122141035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5.NIM 7122141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6. NIM 7122141035 TABLE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7.NIM 7122141035 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM 7122141035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7122141035 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 7122141035 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14.NIM 7122141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri dan motivasi berprestasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuannya mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bina Siswa dengan sampel sebanyak 30 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabelitas, yang dilakukan menggunkan aplikasi software SPSS 20.0. Tekniki analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis, yaitu: uji t dan uji f yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0.
Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial konsep diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung = 5,615 > ttabel = 1,703 pada taraf signifikansi 95% atau ( , motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung = 3,296 > ttabel = 1,703 pada taraf signifikansi 95% atau ). Hasil uji F menjukkan bahwa konsep diri dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai Fhitung = 445,436 > Ftabel 3,35 dengan nilai signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y= 7,051+ 0,596 X1 + 0,342 X2 dengan koefisieb determinasi sebesar 97,1%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 011 |
Keywords: | Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 04:51 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24245 |