Waruwu, Hermanto (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DI SMA KATOLIK KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4122111029 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2.NIM 4122111029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4.NIM 4122111029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5.NIM 4122111029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6.NIM 4122111029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7.NIM 4122111029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8.NIM 4122111029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9.NIM 4122111029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10.NIM 4122111029 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14.NIM 4122111029 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15.NIM 4122111029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3.NIM 4122111029 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Katolik
Kabanjahe T.A 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA
yang berjumlah 35 orang.Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pre test untuk mengetahui
kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa. Setelah diberi pre test, subjek
penelitian kemudian diberi perlakuan berupa pembelajaran pendekatan metakognitif
dengan strategi konflik kognitif. Setelah diberi perlakuan kemudian siswa diberi post test
untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil
test yang diberikan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yaitu rata-rata persentase kemampuan memahami masalah meningkat 12,5%;
kemampuan merencanakan penyelesaian masalah meningkat 55,47%; kemampuan
menyelesaikan perencanaan masalah meningkat meningkat 47,86%; dan kemampuan
memberikan kesimpulan meningkat 17,86% dengan kriteria peningkatan sedang.
Berdasarkan 3 indikator pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif dengan strategi
konflik kognitif merupakan pembelajaran efektif.
Peneliti menyarankan pembelajaran ini dapat menjadi referensi sebagai
pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 055 |
Keywords: | Metakognitif, Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 03:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24225 |