Simatupang, Gusti Maranata (2017) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA KEC.MEDAN PERJUANGAN KOTA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131113008 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1131113008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 1131113008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1131113008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 1131113008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1131113008 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1131113008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1131113008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1131113008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM. 1131113008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1131113008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Kec Medan Perjuangan Kota Medan T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Kec Medan Perjuangan Kota Medan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-post test control grup design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 22 anak, yang terdiri dari 11 anak di kelas eksperimen dan 11 anak di kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan Teknik observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 39.09 dengan nilai tertinggi 42 dan nilai terendah 35, sehingga perkembangan Sosial anak pada kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol yang mempunyai nilai rata-rata 21.27 dengan nilai tertinggi 25 dan nilai terendah 17. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa Metode Bermain Peran berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sosial anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu Thitung 15,89 >1,725 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada Pengaruh Yang Signifikan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santa Lusia Medan Perjuangan Kota Medan Tahun Ajaran 2016/2017.Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Metode Bermain Peran dapat memgembangkan sosial anak. Hendaknya guru lebih sering menerapkan kegiatan Metode bermain peran dalam mendukung keberhasilan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak khususnya perkembangan Sosial anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 019 |
Keywords: | Perkembangan sosial; Metode kerja kelompok; Metode bermain peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24222 |