Hariyanti, Eliza (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI ( GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKANMEDIAPETAKONSEPTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II MAN 2 MEDAN T. P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
0NIM 4123121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
03 NIM 4123121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 NIM 4123121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
05. NIM 4123121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
07. NIM 4123121014 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM 4123121014 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
11. NIM 4123121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
15. NIM 4123121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4123121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GIMengunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-1sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35.55dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 35.27. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1398dan Ltabel = 0.1477. Pada kelas kontrol Lhitung = 0.1078dan Ltabel = 0.1477 sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,045 dan Ftabel = 1,79 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GIadalah 72.50 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 62.63. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media peta konsep. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI Mengunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 062 |
Keywords: | Model Pembelajaran,group investigation,hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:09 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24217 |