Rangkuti, Darmina Eka Sari (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA KARYA BHAKTI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171015 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8136171015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3. NIM. 8136171015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 8136171015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 8136171015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM. 8136171015 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 8136171015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 8136171015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
12. NIM. 8136171015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM. 8136171015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek uji coba terbatas perangkat pembelajaran adalah siswa kelas VII SMP Swasta Karya Bhakti Medan. Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi Segiempat di kelas VII SMP. Validasi perangkat pembelajaran berdasarkan pada pendapat para validator yang telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan;dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kepraktisan dianalisis berdasarkan: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) respon siswa. Efektifitas dianalisis berdasarkan: (1) ketuntasan minimum kemampuan komunikasi matematika siswa; (2) Keaktifan aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan berhasil mengalami peningkatan dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah indikator kemampuan komunikasi matematis keempat yaitu membuat model matematika berdasarkan ide matematika yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ran p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran kontekstual; Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 08:21 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24213 |