Yelniati (2017) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN KARAKTER UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156141015 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8156141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM. 8156141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8156141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 8156141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6. NIM. 8156141015 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM. 8156141015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 8156141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 8156141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 8156141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia terintegrasi dengan model Discovery Learning yang mempunyai karakter untuk SMA/MA kelas X semester II. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 penuntun praktikum kimia dengan penerbit yang berbeda untuk SMA/MA kelas X semester II, penuntun praktikum yang dikembangkan, 3 orang dosen kimia umum Universitas Negeri Medan, 20 orang guru kimia di Langkat, dan 72 siswa kelas X (jurusan IPA) SMAN 1 Tanjung Pura. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket kelayakan penuntun praktikum dengan skala 5, lembar observasi karakter, lembar observasi keterampilan dan soal tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum kimia untuk SMA/MA kelas X semester II yang telah dikembangkan layak untuk digunakan, dengan nilai rata-rata standarisasi 4,35 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penuntun praktikum dengan 3 penerbit berbeda (penuntun praktikum penerbit A = 2,89, penuntun praktikum penerbit B = 2,96, dan penuntun praktikum penerbit C = 2,86). Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum terintegrasi dengan model discovery learning yang mempunyai karakter lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum pegangan siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,065 > 2,000). Pengaruh penggunaan penuntun praktikum terintegrasi dengan model discovery learning yang mempunyai karakter terhadap karakter siswa sebesar 85,23% dengan kategori sangat baik. Pengaruh penggunaan penuntun praktikum terintegrasi model discovery learning yang mempunyai karakter terhadap keterampilan siswa sebesar 86,72% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Yel a |
Keywords: | Penuntun praktikum; Discovery learning; Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 08:17 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24212 |