Hidayati,, Eko Anjar (2017) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 066047 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1131111011 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 1131111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. NIM 1131111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 1131111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM 1131111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM 1131111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 1131111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
8. NIM 1131111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. NIM 1131111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 1131111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM 1131111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar
siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas
V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri
066047 Medan Helvetia dengan populasi sebanyak 45 orang dan sampel dengan
45 responden.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan
instrument yang digunakan untuk mengukur perhatian orangtua adalah angket
dengan jumlah 30 butir dinyatakan valid. Validitas tes diuji menggunakan teknik
korelasi product moment dengan hasil 21 dinyatakan valid, sedangkan reliabilitas
tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 1,026 pada taraf signifikan 95%
dengan alpha 5%. Untuk mengetahui hasil belajar siswa teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan menggunakan DKN kelas V
semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 sebagai sumber data.
Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment
sedankan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi
menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,301 sedangkan rhitung
sebesar 0,319 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui
bahwa rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis
dengan menggunakan uji t diperoleh rhitung sebesar 2,206 dan rtabel 2.016. Sehingga
dapat dikatakan bahwa perhatian orangtua memiliki hubungan dengan hasil
belajar siswa, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat
hubungan yang positif yang signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa perhatian
orangtua akan berdampak pada hasil belajar anak. Semakin baik perhatian
orangtua maka semakin tinggi hasil belajar siswa SD Negeri 066047 Medan
Helvetia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 049 |
Keywords: | Perhatian Orangtua, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 03:58 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24192 |