Hasanah, Shafiatun (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE LEARNING TIPEBAMBOO DANCINGPADA PELAJARANIPA DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALITAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1133311059 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 1133311059 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM 1133311059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 1133311059 ACKNOLEDMENT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM 1133311059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 1133311059 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM 1133311059 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 1133311059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
12. NIM 1133311059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 1133311059 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dan tujuan rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV
SD Negeri 101776 Sampali? Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative
Learning Tipe Bamboo Dancing pada mata pelajaran IPA.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26
orang siswa yang terdiri 17 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan
SD Negeri 101776 Sampali. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini
adalah penggunaan model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Bamboo
Dancing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA
materi struktur akar pada tumbuhan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dalam setiap siklus dilakukan
melalui 4 tahap, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi.
Berdasarkan analisis data pada siklus I terlihat 3 orang siswa yang sudah
termotivasi belajar dengan persentase 12% dan 18 orang siswa yang cukup
termotivasi belajar baik dengan persentase 69% dan 5 siswa tergolong kurang
termotivasi dengan persentase 19%. Jadi kesimpulan dari siklus pertama maka
terlihat motivasi belajar 23 orang siswa masih tergolong kurang termotivasi. Maka
dilaksanakan siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 10 orang siswa
yang sangat termotivasi belajar sangat baik dengan persentase 38%, 16 orang
siswa yang termotivasi belajar dengan persentase 61. Observasi guru siklus I
memiliki rata-rata 84 kategori cukup kompeten, sedangkan siklus ke II memiliki
rata-rata 96 kategori sangat kompeten.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri
101776 Sampali. Oleh karena itu, model pembelajaran Cooperative Learning Tipe
Bamboo Dancing dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 087 |
Keywords: | Motivasi Belajar, IPA, bagian Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 03:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24188 |