Damayanti, Evi Paulina (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN SUSUN BILANGAN DAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311038_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1133311038_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 1133311038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM. 1133311038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 1133311038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 1133311038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 1133311038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1133311038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM. 1133311038_BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 1133311038_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 1133311038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika kelas IVB, siswa cenderung tidak aktif selama
pembelajaran berlangsung. Penelitianini bertujuanuntuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa dengan menggunakan metode permainan susun bilangan dan tekateki
silang materi bilangan romawi.
Definisi operasional variabel dalam penelitian ini yaitu aktivitas belajar
siswa dan metode permainan susun bilangan dan teka-teki silang. Aktivitas belajar
adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan melalui proses interaksi guru dan siswa
yang menunjang keberhasilan belajar, metode permainan susun bilangan
merupakan salah satu metode pembelajaran yang inovatif yang menggunakan
anggota tubuh, sedangkan metode permainan teka-teki silang adalah salah satu
metode pembelajaran aktif bagi peserta didik yang melibatkan semuapeserta didik
untuk berfikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi teka-teki.adalah
suatu metode dalam pembelajaran Matematika untuk memberikan
pengalaman belajar siswa dengan tujuan membantu siswa dalam memahami
konsep pada materi bilangan romawi yang cara mainnya adalah dengan
mengisi jawaban ke dalam kotak teka-teki silang secara mendatar atau menurun
berupa huruf romawi.
Jenis penelitian yaitu Peneltian tindakan Kelas, lokasi peneltian di SD
Negeri 101776 Sampali, beralamat di Jl. Irian Barat Kecamatan Percut Sei Tuan,
Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB sebanyak
27orang, 18 orang laki-laki dan 9 orang perempuan, sedangkan objek penelitian
ini adalah aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan
menggunakan metode permainan susun bilangan dan teka-teki silang. Penelitian
ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah observasi terhadap aktivitas belajar siswa
dan observasi kegiatan mengajar guru.
Berdasarkan analisi data yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas
belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada setiap pertemuan
menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Pada siklus I pertemuan 1 nilai ratarata
yang diperoleh mencapai 46,50 dengan persentase keberhasilan 14,82% dan
pada pertemuan 2 nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 63,50 dengan persentase
keberhasilan yang dicapai 48,15%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata yang
diperoleh mencapai 72,84 dengan persentase kebrehasilan 77,77% dan pada
pertemuan 2 nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 85,73 dengan persentase
keberhasilan yang dicapai 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 086 |
Keywords: | Matematika, Metode Pembelajaran, Tekateki Silang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 03:34 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24187 |