Tambunan, Jepri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123111023 COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. NIM. 5123111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 5123111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 5123111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 5123111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 5123111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5123111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5123111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 5123111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 5123111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 5123111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Rencana Anggaran Biaya pada Indikator Menghitung Volume Pekerjaan Bangunan dan Menghitung Harga Satuan Pekerjaan. Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 23 soal pada siklus I dan terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 12 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,96 (sangat tinggi). Pada siklus II terdapat 23 soal dan diperoleh 19 soal yang valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang, dan 1 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 11 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,95 (sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 80 dan berhasil secara klasikal jika 75% siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,85 dengan persentase ketuntasan 44,44% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,77 dengan persentase ketuntasan 81,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Menghitung Rencana Anggaran Biaya Siswa Kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Balige.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 029 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Problem based learning; Rencana anggaran biaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 04:45 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24169 |