Sinaga, Wandri J (2017) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SEBAGAI ALAT BANTU PROSES BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK N 1 PERCUT SEI TUAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113131043 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 5113131043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 5113131043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 5113131043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 5113131043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 5113131043 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 5113131043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5113131043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
12. NIM. 5113131043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM. 5113131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 lebih efektif terhadap pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik yang dikemas dalam bentuk CD dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,27 “Sangat Baik” dan Interpretasi “Sangat Layak”. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,37 “Sangat Baik” dan Interpretasi “Sangat Layak”. Pengujian kepada siswa dimana hasil pengujian memiliki rata-rata penilaian sebesar 4,50 “Sangat Baik” Interpretasi “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan sangat baik dan Sangat Efektif untuk dijadikan media pembelajaran materi Dasar dan Pengukuran Listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELEK 019 |
Keywords: | Media pembelajaran berbasis macromedia flash; Model ADDIE; Penelitian dan pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 03:51 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24157 |