Loris, Marepen Hot (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103111058 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 6103111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. NIM. 6103111058 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 6103111058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 6103111058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM. 6103111058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 6103111058 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 6103111058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 6103111058 CHAPPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM. 6103111058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 6103111058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Lari Sprint yang didapat siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017 melalui pendekatan saintifik.
Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan pendekatan saintifik, maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar Lari sprint.
Berdasarkan hasil tes awal lari sprint melalui pendekatan saintifik yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Selayang. Dari 35 siswa terdapat 10 siswa (28,57%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (60,71). Hasil dari siklus I terdapat 14 siswa (40%) dari 35 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (66,16). Di siklus II terdapat 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (78,52). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa Melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Selayang Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKR 008 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Atletik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 03:27 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24150 |