haro, Dedy Erik (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENDEKATAN TEHNIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 3 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112051 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 6113112051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 6113112051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 6113112051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 6113112051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 6113112051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6113112051 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 6113112051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6113112051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM. 6113112051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM. 6113112051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola melalui penerapan pendekatan saintifik dan pendekatan tehnik pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 yang terdiri dari 30 siswa, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian prose dribbling sepak bola.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling sepak bola. Setelah siklus I dilaksanakan maka di peroleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 siswa terdapat 15 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 50 % dengan nilai rata-rata 60,83. Dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 15 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 50%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>75%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang terdapat 27 orang yang telah tuntas yaitu sebesar 90 % dengan nilai rata-rata 79,17 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang yaitu 10 %. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>75%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan pendekatan tehnik dapat meningkatkan hasil belajar dribbling sepak bola pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJS 001 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil belajar, Sepak Bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 03:17 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24148 |