Herman, Budi (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SDN 163080 KOTA TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182003 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8146182003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 8146182003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 8146182003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 8146182003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8146182003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8146182003 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8146182003 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146182003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 8146182003 BAB 1.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM. 8146182003 BAB 5.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
15. NIM. 8146182003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 163080 Kota Tebingtinggi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment.Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji-t satu arah, karena data telah memenuhi prasyarat analisis data yaitu normal dan homogen dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai α (=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung (direct instruction), hal ini berdasarkan thitung (=3,808) lebih besar dari ttabel (=2,00); dan (2) kemampuan pemecahan masalah oleh siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah oleh siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung (direct instruction), hal ini berdasarkan thitung (=6,092) lebih besar dari ttabel (=2,00).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Her p |
Keywords: | Hasil belajar PPKn; Kemampuan pemecahan masalah; Model problem based learning |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 02:02 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24137 |