Marpaung, Meida Esterlina (2017) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM STOKIOMETRI INOVATIF SESUAI KURIKULUM 2013 BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8156142008 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
05310640 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
NIM.8156142008 ABSTRAK pdf.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM.8156142008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM. 8156142008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
NIM.8156142008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM.8156142008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM.8156142008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM.8156142008 BAB I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
NIM.8156142008 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM. 8156142008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum stoikiometri inovatif sesuai kurikulum 2013 berbasis keterampilan proses sains. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah buku penuntun praktikum kimia stokiometri. Populasi dalam penelitian ini adalah buku penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di sekolah, seluruh guru kimia di SMA/SMK se-Sumatera Utara, seluruh dosen Kimia Dasar di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas X Cinta Budaya. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Penelitian ini bersifat dekskriptif dan pengembangan eksperimen. Langkah penelitian meliputi: (a) analisis penuntun praktikum stokiometri, (b)pengembangan penuntun praktikum stokiometri inovatif (c) validasi penuntun praktikum stokiometri inovatif, (d) uji coba penggunaan penuntun praktikum stokiometri berbasis keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan (1) analisis penilaian terhadap penuntun praktikum berdasarkan BSNP yang digunakan disekolah sebesar 3,24 dengan predikat baik, (2)hasil penilaian terhadap penuntun praktikum yang telah dikembangkan berbasis keterampilan proses sains yang sudah direspondensi oleh 2 dosen dengan rata-rata 3,6 dan nilai dari 20 orang guru sebesar 3,73 berdasarkan BSNP. (3)Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar kelas eksperimen 2 dengan nilai rata-rata sebesar 84,65 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 dengan nilai rata-rata sebesar 80,9. Sehingga diperoleh penuntun praktikum inovatif berbasis keterampilan proses sains lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan penuntun praktikum yang digunakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.260 71 Mar p |
Keywords: | Penuntun praktikum; Stokiometri; Keterampilan proses sains; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 08:51 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24130 |