Deli, Anggi Cahya (2017) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INOVATIF TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156142001 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8156142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 8156142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 8156142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 8156142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 8156142001 TABELS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 8156142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 8156142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 8156142001 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM. 8156142001 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM. 8156142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia inovatif terintegrasi model pembelajaran inkuiri terbimbing kelas X SMA semester genap yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pengembangan dan eksperimen. Model pengembangan yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan tahapan Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri Medan. Sampel yang diteliti terdiri dari 2 kelas yang diambil pada sekolah SMA Negeri 6 Medan. Validator dalam penelitian ini meliputi 2 dosen kimia dan 5 guru mata pelajaran kimia. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan penuntun praktikum yang dimodifikasi BSNP, angket kelayakan penuntun praktikum berdasarkan kesesuaian dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, instrumen tes kognitif, dan lembar observasi keterampilan. Dalam mengujicobakan penuntun praktikum inovatif, digunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan penuntun praktikum inovatif diperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba memperoleh rata-rata nilai pretest, postest, dan keterampilan pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 24,4; 80,1 ; 84,3 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 24,6 ; 72,1 ; 78,8. Berdasarkan analisis data hasil belajar aspek kognitif diperoleh bahwa nilai sig. < α (0,000 < 0,05), sedangkan analisis data hasil belajar aspek keterampilan diperoleh nilai sig. < α (0,002 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penuntun praktikum inovatif terintegrasi model pembelajaran inkuiri terbimbing layak digunakan. (2) Pembelajaran menggunakan penuntun praktikum inovatif terintegrasi model inkuiri terbimbing memberikan hasil belajar kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan penuntun praktikum di sekolah. (3) Pembelajaran menggunakan penuntun praktikum inovatif terintegrasi model inkuiri terbimbing dan penuntun praktikum di sekolah memberikan keterampilan yang berbeda secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Del p |
Keywords: | Penelitian pengembangan; Penuntun praktikum; Inkuiri terbimbing; Reaksi reduksi oksidasi; Kognitif; Keterampilan; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 08:45 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24129 |