Simatupang, Mikhael (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR DASAR KELAS X SMK IMMANUEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123121017 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02. NIM. 5123121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
03. NIM. 5123121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
04. NIM.5123121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05. NIM. 5123121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
06. NIM. 5123121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07. NIM 5123121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
08. NIM 5123121017 CHAPTHER I.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
12. NIM 5123121017 CHAPTHER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
13. NIM. 5123121017 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mpdel pembelajaran koopratif tipe jigsaw terhadap hasil belajar penggunaan alat ukur dasar pada kelas x di SMK Immanuel Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigasw dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 30. Dari hasil penelitian data pre test dengan rata rata kelas ekperimen 36,36 dan kontrol 36,52 dan hasil post test kelas eksperimen diperoleh rata – rata nilai postest sebesar 82 dan standar deviasi 10,97 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 72,8 dengan standar deviasi 9,85. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre dan pos test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh t_hitung sebesar 4,4145 dan t_tabel sebesar 1,676. karena t_hitung > t_tabel atau 4,4145 > 1,676 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil penggunaan alat ukur yang diajarkan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas X SMK Immanuel Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 041 |
Keywords: | Pembelajaran jigsaw; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar penggunaan alat ukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:43 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24088 |