Niatirama, Lidia (2017) PEMBELAJARAN NOTASI BRAILLE PADA SISWA TUNANETRA ELSAVAN DALAM BIDANG STUDI VOKAL DI YAYASAN MUSIK GEREJAWI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140042 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 2123140042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM. 2123140042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2123140042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 2123140042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 2123140042 TABLE OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM. 2123140042 TABLE OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2123140042 TABLE OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2123140042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13. NIM. 2123140042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM. 2123140042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran notasi braille pada siswa tunanetra elsavan dalam bidang studi vokal Di Sekolah Musik YAMUGER Rawamangun Jakarta Timur.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tuna netra Elsavan yang berjumlah 40 orang dengan mayor instrumen yang berbeda. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampel, sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa tunanetra Elsavan dengan bidang studi vokal yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi literatur, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analitif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pembelajaran vokal pada siswa tunanetra di SMY dengan pendekatan merasakan langsung dengan meletakkan tangan pada bagian wajah dan rongga mulut untuk menghasilkan efek bunyi yang diinginkan; 2) Rancangan tahapan pembelajaran notasi braille pada siswa tunanetra Elsavan di SMY adalah pendekatan Bottom Up yang dilakukan dengan memulai pembelajaran dari apa yang siswa ketahui, bukan memberi pelajaran dalam bentuk penjelasan langsung atau yang dikenal dengan Top Down; 3) Pembelajaran notasi braille dalam bidang studi vokal siswa tunanetra Elsavan di SMY dengan metode transposing yang sangat efektif dilaksanakan; 4) metode yang digunakan dalam belajar notasi braille untuk anak tunanetra Elsavan adalah metode tanya jawab, ceramah, dan metode demonstrasi; 5) Hasil pembelajaran notasi braille pada siswa tunanetra Elsavan dalam bidang studi vokal di SMY sangat baik. Hal ini terlihat dengan hasil-hasil perolehan prestasi siswa dan dapat belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MUS 004 |
Keywords: | pembelajaran notasi braille, bidang studi vokal |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:35 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24084 |