Sihombing, Prima Harauli (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU DAERAHSISWA KELAS VIII SMP RK MAKMUR BUDI MURNI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140057 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 2123140057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM. 2123140057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM. 2123140057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 2123140057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 2123140057 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 2123140057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 2123140057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 2123140057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
13. NIM. 2123140057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 2123140057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan
menerapkan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe
Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) dengan model
pembelajaran langsung di kelas VIII SMP RK Makmur Budi Murni 4 Medan T.A
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah true eksperimental design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP RK Makmur Budi Murni 4 Medan yang
terdiri dari 4 kelas berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara
acak (random sampling) yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 30 orang dan kelas VIII-3 sebagai kelas control yang berjumlah 30
orang. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berbentuk pilihan
berganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada kelas sampel
terlebih dahulu diujicobakan dikelas VIII-1 di SMP RK Makmur Budi Murni 4
Medan.
Selisih hasil tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting
Extending (CORE) dengan model pembelajaran langsung. Pada kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata pretes 30,5 dan nilai postes 80,83 pada kelas kontrol
diperoleh nilai rata-rata pretes 25,5 serta nilai postes 67,16
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung = 4,36 dan
ttabel=0,054 maka thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe
Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) terhadap hasil belajar siswa
pada materi lagu daerah siswa kelas VIII SMP RK Makmur Budi Murni 4
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MUS 008 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif, Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE),hasil belajar, lagu daerah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 01:44 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24069 |