Muliani, Indah Sri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5121111004 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 5121111004 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM 5121111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM 5121111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 5121111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6. NIM 5121111004 TABLE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM 5121111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM 5121111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
9. NIM 5121111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM 5121111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 5121111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurang memuaskan nya nilai yang dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan yang disebabkan oleh berbagai factor, diantaranya guru masih menggunakan metode konvensional serta dominasi guru dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan kurang menyenangkan bagi siswa, juga menyebabkan masih adanya siswa yamg belum kompeten. Penerapan model pembelajaran Berbasis Proyek diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran yang lebih baik di dalam kelas sehingga memungkinkan akan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan dengan subjek penelitian kelas XI. Intrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan dari 25 butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 21 butir soal valid dan tidak valid untuk tes siklus 1 sedangkan untuk tes siklus 2 diperoleh 23 butir tes valid dan 2 butir tes tidak valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa yang diperoleh nilai rata-rata Postest nya adalah 82,91 dengan persentase ketuntasan 85,29 % dari seluruh siswa. Pada siklus ke II hasil belajar siswa yang diperoleh nilai rata-rata Postest nya adalah 84,65 dengan persentase ketuntasan meningkat 100 % dari seluruh siswa. sedangkan untuk keterampilan siklus I pertemuan 1 adalah 80,53 dengan persentase ketuntasan 91,18%, untuk pertemuan ke 2 adalah 83,32 yaitu meningkat dengan kategori 97,06%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 028 |
Keywords: | Hasil belajar; Gambar konstruksi bangunan; Berbasis proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 07:34 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24054 |